Jumat, 09 November 2012

6 Tips Berpergian ke Luar Negeri

tips berpergian ke luar negeri
Bagi kalian yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri mungkin akan merasa nervous dan deg-degan, terlebih jika berencana untuk pergi sendiri. Bepergian ke luar Negeri tidak sama dengan liburan ke luar kota atau di dalam negeri.

Bepergian ke luar Negeri perlu persiapan yang lebih matang. Jangan sampai karena satu kesalahan kecil, perjalanan Kamu jadi terhambat atau bahkan batal sama sekali. Berikut adalah 6 tips bepergian ke luar negeri:

1. Jangan lupa kelengkapan dokumen
Salah satu barang wajib saat bepergian ke luar negeri adalah paspor. Mengurus paspor tidak susah, jadi Kamu tidak perlu mencari jasa pembuatan paspor atau semacamnya. Yang perlu Kamu lakukan adalah mencari informasi via internet atau menanyakannya kepada saudara, teman, atau siapapun yang pernah berangkat ke luar negeri. Jika Kamu masih bingung langsung saja datang ke kantor imigrasi setempat. Dokumen penting lain yang harus dibawa saat bepergian ke luar negeri adalah Visa. Silakan Kamu cari tahu apakah negara yang akan Kamu tuju memerlukan Visa. Jika iya, silakan segera buat. Untuk membuat Visa bisa Kamu lakukan di kedutaan besar atau bisa juga di perwakilan resmi negara tujuan Kamu  Beberapa hal yang biasanya diperlukan untuk pembuatan Visa antara lain bukti tiket dan alamat tujuan. Dan yang terpenting adalah jangan sampai lupa membawa paspor dan Visa Kamu.

2. Persiapkan budget yang cukup
Ini adalah tips bepergian ke luar negeri yang harus Kamu pertimbangkan masak-masak. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tipe liburan ada 2 macam, yaitu tipe backpacker dan yang kedua adalah ekslusif. Jika Kamu berkunjung ke sebuah negara dengan backpacking, maka Kamu hanya perlu mempersiapkan budget yang cukup untuk pengeluaran wajib seperti menyewa kamar hotel, makan, transportasi, tiket masuk ke objek wisata, dll. Sedangkan jika Kamu bepergian ke luar negeri untuk shopping atau liburan mewah, maka urusan budget silakan Kamu tentukan sendiri. Kamu bisa mencatat barang atau jasa yang akan Kamu beli di Negara tujuan Kamu  Jangan lupa untuk mempersiapkan uang cash karena ini akan Kamu perlukan jika sedang berada berlibur ke luar negeri.

3. Cek lagi semua barang bawaan
Coba periksa kembali tas Kamu  apakah semuanya sudah lengkap. Misalnya pakaian, peralatan makeup, peralatan elektronik, ponsel, kunci rumah, peta, buku panduan, kartu-kartu penting (kartu kredit, kartu debit, kartu asuransi, dll) dan lain-lain. Silakan Kamu buatkan daftar mulai dari peralatan yang paling sering dipergunakan. Ini penting karena jika Kamu melupakan barang-barang penting, Kamu bisa menemukan masalah saat tiba di Negara tujuan.

4. Jangan lupa bawa obat-obatan
Jangan hanya pakaian dan make up saja yang Kamu bawa, namun obat-obatan juga cukup penting. Jika Kamu pertama kali berkunjung ke luar negeri, maka kemungkinan tubuh Kamu akan mengalami sakit karena belum beradaptasi baik dengan lingkungan. Jika sudah begini, obat-obatan ringan merupakan hal yang penting untuk dibawa.

5. Cek cuaca di Negara tujuan
Ini adalah tips bepergian ke luar negeri yang cukup penting, terutama jika Kamu ingin melakukan kegiatan yang perlu cuaca bagus. Kamu tentu tidak ingin bepergian saat musim tornado atau musim hujan. Maka dari itu silakan Kamu cari tahu apa iklim yang sedang berlangsung di Negara tujuan Kamu  Musim yang biasanya disukai orang untuk bepergian ke luar negeri adalah musim panas (karena cuacanya cerah, cocok untuk kegiatan outdoor), musim semi (pemandangannya sangat indah), musim gugur (saat ini juga alam akan terlihat lebih indah daripada biasanya).

6. Susun jadwal kegiatan dengan sebaik-baiknya
Jika Kamu memiliki waktu berlibur yang terbatas, maka menyusun jadwal yang ringkas sangat penting untuk dilakukan. Silakan catat semua objek wisata yang akan Kamu kunjungi kemudian susun mulai dari yang terdekat dengan penginapan hingga yang terjauh. Jika Kamu menggunakan jasa agen perjalanan, Kamu juga bisa meminta saran mereka bagaimana jadwal kegiatan terbaik agar benar-benar efisien.

sumber