Selasa, 10 Februari 2015

Hal-hal Sederhana yang Bisa Membuat Kamu Bahagia


Pernahkah dalam suatu momen pendek anda merasa sangat senang dan bahagia? Manusia adalah makhluk yang penuh emosional, oleh sebab itu kita sering merasakan kegembiraan meskipun hal tersebut bukanlah hal yang besar, melainkan kejadian yang terkesan simpel dan sederhana. Biasanya saat seseorang merasakan hal yang membahagiakan ini, dia akan mengekspresikannya dengan senyum lebar dan akan menikmati setiap detiknya dari momen tersebut.

Meski begitu, kebanyakan orang yang dapat merasakan hal-hal membahagiakan hati hanyalah mereka yang pandai bersyukur dalam setiap keadaan. Maka, sering-seringlah bersyukur karena kebahagiaan hanya datang melalui ketulusan dalam bersyukur.

Berikut berbagai macam hal sederhana yang dapat membahagiakan hati dimana akan membuat anda merasakan kembali bagaimana senangnya saat mengalami atau melakukan hal-hal ini.


1. Tidur di atas sprei wangi yang baru diganti.

Tidur adalah aktifitas wajib manusia. Disaat kita merasa lelah akan hari ini, maka kasur yang nyaman akan dapat mengobati segala penat kegiatan yang kita lalui. Tapi pastinya ini akan lebih membahagiakan saat anda menemui ternyata sprei kasur anda baru saja diganti dengan yang baru, membuat anda tenggelam di atas wanginya kasur yang empuk. Anda pasti pernah merasakan bagaimana nyamannya setiap detiknya sampai anda terlelap bukan?


2. Terpeleset namun berhasil tetap berdiri dan tidak jatuh.

Terpeleset adalah hal yang memalukan, apalagi di tempat umum. Tapi jika anda berhasil menjaga keseimbangan sehingga dapat menjaga keadaan tubuh tidak sampai terjatuh saat terpeleset, maka rasanya akan membahagiakan. Dan sebenarnya itu hal yang patut anda syukuri.


3. Berhasil membuka akun sosmed lama yang terkunci.

Akun jejaring sosial bagi sebagian orang terkadang hampir sebagai dunia kedua. Disaat kita tidak dapat mengaksesnya karena suatu hal, banyak yang bisa jadi depresi. Setelah beberapa waktu mungkin kita akan melupakannya, namun alangkah membahagiakannya saat suatu hari kita berhasil untuk membukanya kembali. Melihat kembali foto profil, status terakhir, dan status dari friendlist kita, akan menjadi jauh lebih menyenangkan dibanding saat pertamakali memiliki akun.


4. Menerima SMS yang ditunggu-tunggu.

SMS merupakan pesan singkat yang dikirim melalui ponsel. Saat anda mengirim SMS kepada seseorang yang mungkin tengah anda perhatikan (seperti gebetan or pacar contohnya), balasan SMS-nya pastinya akan sangat menggembirakan. Namun tentu saja SMS yang ditunggu-tunggu itu bukan berari hanya dari pacar saja, bisa dari teman lama, keluarga jauh, kabar pekerjaan, undian berhadiah, ataupun sekedar ucapan selamat dari seseorang yang memang anda harapkan. Terkadang kebahagiaan karena SMS ini bisa anda ekspresikan dengan meloncat-loncat kegirangan. Betul?


5. Bangun dari sebuah mimpi buruk dan menyadari bahwa itu hanya mimpi.

Pernah bermimpi buruk? Pastinya itu kejadian yang sangat tidak enak, contohnya saat anda ditinggalkan seseorang yang anda sayang atau anda terjatuh dari atas ketinggian. Tapi, buruknya gambaran alam bawah sadar itu akan terganti dengan rasa syukur yang membahagiakan saat anda terbangun dan menyadari itu hanya sebuah mimpi. Anda pun bisa melanjutkan tidur kembali dengan senyum kemenangan.


6. Mendengarkan lagu kesayangan di radio.

Mendengarkan lagu kesayangan di mp3 anda mungkin sudah biasa, namun rasanya akan berbeda jika anda mendengarkan lagu tersebut di radio. Biasanya orang yang mendengarkan lagu kesayangan mereka di radio tape atau radio mobil, akan merasa bahagia sendiri dan menyimak lagu tersebut dengan antusias dan hati gembira. Meskipun mereka tahu kalau lagu tersebut sebenarnya ada di mp3 mereka yang dapat diputar setiap saat.


7. Mendengar suara hujan.

Banyak orang senang dengan hujan, apalagi disaat orang tersebut tahu kalau dia tidak harus kemana-mana. Hujan deras, meskipun agak menderu-deru, terkadang membuat orang yang mendengarnya merasa bahagia. Mungkin akan lebih bahagia lagi jika anda memandang hujan tersebut dari teras atas rumah anda, kemudian melakukan seperti mencoba menghirup udara yang dibawa hujan itu. Turunnya hujan memang sesuatu yang mesti disyukuri sebagai pemberian Tuhan.


8. Bangun tidur dan menyadari bahwa hari ini libur sehingga Anda tak perlu tergesa-gesa.

Sering disaat kita bangun tidur di pagi hari, pikiran pertama yang akan melayang adalah kapan waktu untuk pergi sekolah, kuliah, bekerja, atau aktifitas melelahkan lainnya. Tapi, pikiran sibuk tersebut akan tergantikan dengan kebahagiaan saat anda sadar kalau hari itu adalah hari libur. Dan mungkin kebahagiaan tersebut akan membuat anda semakin sulit menghadapi grafitasi yang ditimbulkan oleh kasur anda.


9. Melihat kulkas penuh dengan makanan dan minuman.

Orang yang baru pulang dari kerja atau sekolah biasanya refleks langsung membuka pintu kulkas, kalau-kalau ada yang dapat dijadikan pelepas dahaga dan pengganjal perut. Tentu mengecewakan kalau di dalamnya tidak terdapat apa yang kita harapkan. Tapi bagaimana jika di dalamnya penuh dengan buah segar dan minuman dingin yang siap mengurangi kepenatan anda? Pastinya sangatlah membahagiakan.


10. Mencium bau masakan yang sangat sedap.

Hidung merupakan indera penciuman yang dapat memberikan banyak stimulus-stimulus membahagiakan. Saat anda mencium bau masakan sedap, maka rangsangan tersebut akan langsung direspon oleh otak sehingga membuat ekspresi wajah anda jadi kelihatan bahagia. Mengendus bau masakan sedap sebelum akhirnya menikmatinya banyak dilakukan orang-orang karena memang menyenangkan.


11. Melihat bunga yang Anda tanam berbunga.

Bunga merupakan tumbuhan yang dapat membuat siapapun melihatnya merasa gembira, hanya dengan melihat bagaimana indahnya motif kelopak dari bunga tersebut, akan membuat anda bahagia. Tapi mungkin rasanya akan seratus kali lebih membahagiakan disaat tanaman yang berbunga tersebut adalah bunga yang anda tanam sendiri. Eskpresi senyuman lebar yang terlihat begitu senang tak akan tertahankan.


12. Membalikkan bantal untuk sisi yang lebih dingin.

Kembali ke aktifitas tidur menidur, salah satu yang paling membahagiakan dilakukan di atas kasur adalah membalikkan bantal. Disaat sisi bantal letak kepala anda sudah terasa hangat, maka membalikkan sisi lainnya untuk merasakan kesejukan kembali adalah hal yang sungguh nyaman untuk dilakukan.


13. Mengelus kucing milik Anda.

Kucing merupakan hewan peliharaan rumah yang banyak disayangi para pemiliknya. Mengelus bulu kucing dan bercanda dengannya adalah momen-momen yang akan membuat anda senang dan merasa bahagia karena telah memiliki binatang tersebut.


14. Mengayunkan kaki di dalam air.

Banyak kegiatan kekanak-kanakan yang dilakukan orang dewasa yang terkadang akan membuatnya merasa bahagia, contohnya dengan mengayunkan kaki di dalam kolam atau air. Jika anda sedang duduk di pinggir kolam atau sejenisnya, secara refleks anda akan mengayunkan kaki anda dan perilaku tersebut membuat anda merasa senang sendiri.


15. Melihat orang-orang di sisi Anda tertawa bersama.

Tertawa adalah tanda bahagia, tapi akan lebih bahagia lagi jika anda dapat membuat orang lain tertawa. Melihat keluarga, anak, atau isteri yang anda sayangi tertawa disamping anda, akan membuat anda merasa sangat bahagia dan bersyukur akan indahnya hidup bersama dengan mereka yang mencintai kita.

Sederhana, bukan? Namun bila disyukuri, maka hati anda akan dipenuhi kebahagiaan. Jadi jangan sungkan untuk bersyukur, dan jangan ragu untuk bahagia!