Selasa, 30 Mei 2017

Tips Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag

Tips Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag


Tips Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag - Halo sahabat apasih.com, suatu kebahagiaan dan keberkahan bagi umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dalam keadaan sehat. Sebab ketika kondisi tubuh sehat, puasa pun akan berjalan dengan lancar. Ironi saat ada sebagian orang khawatir menjalankan puasa justru membuat penyakit yang diderita kambuh. Contohnya penderita sakit maag. Sebab penderita penyakit ini pada umumnya kondisi perut tidak boleh kosong.

Lalu bagaimana supaya puasa tetap lancar sebulan penuh untuk penderita sakit maag?

Dilansir dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa dan Ramadan, karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies memberikan beberapa tips puasa bagi orang yang mempunyai penyakit maag.

1. Wajib makan sahur.

Untuk mencegah lambung kosong dan menyiapkan energi esok hari, penderita maag harus makan sahur. Tak lupa juga minum obat maag setelah makan sahur.

2. Menyegerakan saat berbuka.

Ketika mendengar adzan maghrib berkumandang segera berbuka karena perut sudah kosong dalam beberapa jam. Santap minuman manis dan hangat, lalu makan makanan ringan manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Agar lambung tidak kaget sebaiknya tidak langsung makan nasi.


3. Makan secukupnya.

Bagi penderita maag dianjurkan untuk makan secukupnya supaya dinding lambung berkontraksi dengan rileks. Selain itu agar menghidari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

4. Hindari tidur setelah sahur.

Setelah makan langsung tidur dapat meningkatkan sekresi asam lambung serta gerak peristaltik pankreas. Oleh sebab itu, proses pencernaan berjalan lebih cepat ketika tidur. Sehingga penderita maag akan merasa lapar saat bangun tidur.

5. Konsumsi obat secara teratur.

Selama bulan Ramadan, penderita maag dapat mengubah jadwal minum obat menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. 

6. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Untuk mencegah penyakit maag tidak bertambah parah, ada beberapa jenis makanan yang mesti dihindari oleh penderita maag di antaranya, kopi, makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak akan sulit dicerna sehingga membebani lambung. 

Selain itu, hindari minuman beralkohol, cokelat, keju, makanan yang mengandung merica. Terakhir yakni makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis dan kacang-kacangan karena bisa membuat kembung. 

Nah itulah beberapa Tips puasa bagi penderita sakit maag , Semoga bermamfaat ya sobat