Kamis, 22 Februari 2018

Tips Memulai Hijab Yang Baik


Tips Memulai Hijab Yang Baik - Pasti Anda juga sering melihat bahwa Jilbab memang pasti dimiliki setiap kaum Hawa. Meskipun tidak atau belum dijadikan sebagai pakaian wajib, namun tidak jarang yang berani dan ingin memakainya.


Namun,  banyak yang beranggapan bahwa menggunakan Jilbab untuk keseharian merupakan hal yang rumit dan cukup sulit. Memang benar, jika tanpa niat tulus dari hati, semua itu terasa sangat-sangat asing dan bahkan membuat riskan. Tapi asyik-asyik saja kok, selama Anda mau menikmati proses dan melihat apa saja imbalan yang dijanjikan dari Allah SWT jika mau taat kepada-Nya. 

Tips Memulai Hijab Yang Baik


Beberapa pemikiran ini, mungkin pernah terbesit dalam benak Anda ketika membayangkan orang yang berhijab:

1. Kok betah? Kan gerah! 
Jangan melihat dari seberapa lebar Jilbab itu menutupi tubuh seseorang. Kainnya yang terlihat tidak tipis dan tidak menerawang pasti membuat Anda menyimpulkan bahwa orang tersebut sebenarnya sangat-sangat kepanasan dalam Jilbab yang lebar tersebut, serta kainnya yang tebal, pasti berat di kepala. 

2. Pasti mengganggu aktivitas! 
Pemikiran yang ke-2 ini tentu mengartikan bahwa seorang yang memakai rok, baju lengan panjang serta Jilbab yang menjuntai dari kepala sampai dada adalah hal yang bakalan mengganggu sekali untuk melakukan kegiatan. Kegiatan ringan saja pasti jadi susah, apalagi hal yang berat-berat? 

3. Cuciannya pasti banyak! 
Ya jelas banyak, dong. Kan ada Jilbab panjang, rok panjang, baju lengan panjang, daleman Jilbab, daleman rok yang panjang. Serba panjang memang. Kalau untuk daleman roknya, biasanya memakai celana jenis leging yang ringan dan nyaman. 

4. Rambut jadi rusak. 
Mungkin itu karena sering mengikat rambut kemudian menggelungnya agar tidak sehelai pun menjulur keluar dari Jilbab. Sepintar terlihat menyebalkan mungkin ya jika membayangkan rambut yang sudah fulltreatment malah jadi bergelombang tidak karuan. 

5. Gaya pakaiannya yang itu-itu saja. 
Kelihatan monoton, itulah kesan ketika melihat seseorang yang berhijab dari ujung kepala hingga kaki. Seseorang mungkin ada yang terheran-heran, namun banyak juga yang merasa kagum atas keberanian dan ketelatenan seseorang yang berhijab tersebut untuk menaati perintah Tuhannya. 

Dan di bawah ini adalah sesuatu yang pernah dirasakan seseorang berhijab yang mungkin beberapa orang tidak menyangka-menyangka. 

Menurut salah satu sumber, hijab baginya sanggatlah menyenangkan. Ia dengan senang hati berbagi atas penampilannya baru-baru ini:

“Jilbab itu sangat menyenangkan untuk diaplikasikan pada diri kita sebagai  gaya sehari-hari. 
Kita selalu selektif dalam memilih bahan pakaian, berat pakaian, kerapatan benang pada pakaian, dan lain-lain. Pokoknya, kita ingin yang se-nyaman mungkin untuk dari kita sendiri. 

Saya pribadi merasa bangga dengan apa yang Allah SWT haruskan untuk umat-umatnya. Saya merasa terlindungi dari hal-hal yang bersifat nafsu. Saya juga merasa selalu dikendalikan untuk tidak melakukan hal buruk. Insya Allah.

Sering merasa kegerahan. Apalagi ketika berkumpul dengan sahabat yang tidak memakai jilbab, pasti saya yang paling mencolok karena wajah penuh keringat. Tapi saya tidak pusingkan hal tersebut, saya sudah terbiasa dan saya enjoy-enjoy saja. Tinggal siapkan tissue di tas atau di saku celana untuk mengelap wajah ketika berkeringat. 

Awalnya memang sedikit terganggu dengan rok panjang dan mengharuskan pemakainya untuk berposisi duduk dengan sopan. Namun apa pun hal itu jika sudah belajar dan sudah terbiasa, pasti tidak mustahil lagi. Jika saya ingin duduk ya duduk saja, namun pelan-pelan. Jika saya sedang memasak atau sedang menjemur pakaian, biasanya saya mengimpitsebagian dari rok saya asalkan tidak sampai menampakkan aurat. “

Maka, dapat ditarik sebuah kesimpulan untuk nyaman memakai sebuah Jilbab sebagai keharusan sehari-hari, harus memikirkan hal berikut ini:

1. Niatkan yang tulus, semata karena perintah Allah. 

2. Jangan bertahan dengan fashion yang itu-itu saja. Namun ini terserah Anda, karena ada juga orang yang nyaman dengan kesederhanaan. Tidak perlu yang banyak motif atau desainnya, yang penting diri sendiri suka. 

3. Belajarlah untuk mengelola emosi ketika merasa gerah

4. Belajarlah untuk berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu, mengingat busana yang Anda kenakan itu serba tertutup dan rok yang Anda pakai mungkin akan membuat Anda riskan di saat pertama kali mengenakannya. 

5. Jangan takut terlihat beda

6. Kuatkan mental Anda untuk tetap berbaur dan ramah kepada siapa pun. Ingatlah, tidak ada orang yang tega menolak kebaikan dari orang lain

7. Percayalah, semakin Anda melindungi perhiasan yang Anda miliki, semakin mahal pula Anda di mata Lelaki. 

8. Untuk mengatasi rambut yang jadi berkelok-kelok, Anda bisa menyisirnya sebelum tidur kemudian menggerainya ke atas bantal ketika tidur.